Pesona Wisata Desa Batubulan

Desa Batubulan dengan Tari Barong dan Kecak.


Berwisata ke Bali serasa tidak lengkap tanpa berkunjung ke tempat yang satu ini. Batubulan adalah nama desa yang terletak di perbatasan antara kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar. Di desa yang bisa di capai hanya dalam waktu 30 menit dari kuta maupun Nusa Dua ini, setiap hari di gelar pertunjukan tari barong dan tari Kecak.

Setiap pagi sekitar pukul 09:30 ada banyak tempat  yang meyediakan pementasan tari Barong. dan Tari Kecak Hampir setiap paket wisata yang di tawarkan disertai dengan menonton tari barong ataupun tari Kecak sendiri mulai di pentaskan pada sore hari.


Sebagian besarpaket wisata yang di tawarkan di pulau Bali selalu menyertakan tari Barong maupun tari Kecak. Maka tidaklah mengeherankan apabila pada pagi hari dan sore hari desa ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan. kendaraan-kendaraan wisata dapat dengan mudah kita jumpai pada pagi dan sore hari.

Lebih Lanjut Tentang Tari barong

Tari Barong yang menampilkan para penari keris
Tari barong sendiri sebenarnya adalah tarian sakral umat Hindhu di Bali. yang seiring perkembangan jaman dan tuntutan dunia wisata,  maka di buatkan versi komersialnya. yang tentunya tanpa mengurangi nilai seni dari tarian ini.

Tari Barong sebenarnya ada banyak seperti Barong Ket, barong bangkung, barong landung dan masih banyak lagi. Barong sendiri adalah simbol dari kekuatan yang disucikan oleh umat hindhu. biasanya tari baring di pertunjukan untuk mengusir bencana atau pada hari suci di pura.

Tari barong yang bisa kita tonton di Batubulan adalah Barong Ket. barong ini dibuat hanya untuk keperluan pementasan wisata. jadi barong ini tidak disucikan di pura. Barong ket adalah perwujudan harimau. untuk menarikannya di perlukan 2 orang yang satu masuk untuk kepala dan yang satu lagi memainkan bagian belakangnya. kedua penari bergerak seirama sesuai alunan musik sehingga muncul gerakan binatang yang indah.

Tari Barong mempunyai filosopi pertarungan abadi antara kebenaran dan kejahatan. dimana Barong ket melambangkan Kebenaran. dan ada karakter rangda yang melambangkan kejahatan. Mereka akan bertempur terus tanpa ada yang kalah dan menang. sama dengan kehidupan ini, dimana yang benar dan yang salah akan selalu ada dan berjalan beriringan.

Rangda memiliki perwujudan yang menyeramkan. dengan rambut pituh yang panjang yang mengeluarkan api di atasnya. mata yang melotot. gigi yang panjang, lidah menjulur panjang serta mengeluarkan api, kuku kuku yang panjang serta suara yang menyeramkan. karakter ini sering di identikan dengan ilmu leak di Bali.

Tari Kecak di Bali dan Sejarahnya


Pertunjukan tari kecak
Tari kecak selalu di pentaskan pada sore hari karena dalam tarian kecak ini ada bagian dimana penonton di hibur dengan tarian api ( fire dance).

tari kecak adalah tarian yang di tarikan oleh puluhan orang. yang membuat tarian ini menjadi unik adalah tidak adalanya satupun alat musik yang di gunakan. sambil menari, para penari yang biasanya laki-laki ini akan mengeluarkan kombinasi suaran yang harmonis sehingga menghasilkan irama musik yang khas. mungkin nama tari kecak di ambil dari suara yang di keluarkan oleh penari ini. "Cak .. cak .. cak" begitulah suara khas dari tarian kecak.

Menurut wikipedia, Tari kecak di ciptakan pada tahun 1930 oleh Wayan Limbak bersama seorang pelukis asal jerman Walter Spies. Tari ini diambil dari tradisi sanghyang di padukan dengan penggalan-penggalan cerita ramayana.

Dalam tarian ini kita akan menyaksikan pertunjukan tari sang hyang ( fire dance). tari sang hyang ini adalah tarian api dimana para penari akan menari-nari diatas bara api. mereka melakukannya dalam keadaan kesurupan.

Patung Batu dari Batubulan.

Selain sebagai tempat pertunjukan tari barong dan kecak. di desa ini juga banyak sekali terdapat pengerajin patung dan ukiran batu. beragam karya dari batu padas dan marmer bisa dengan mudah kita temukan di sepanjang jalan desa Batubulan.

Apabila anda mencari patung batu untuk di jadikan hiasan di rumah. batubulan adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. selain karena kualitasnya bagus, mereka juga sudah biasa mengirim patung ke luar negeri. jadi pastikan patung anda sampai ke rumah diamanpun anda berada.


Kesimpulan.

Desa Batubulan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Bali. dengan pertunjukan tari barong serta tari kecak yang khas. desa ini juga sebagai pusat dari kerajinan patung batu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pesona Wisata Desa Batubulan"

Post a Comment